Pola Asuh Orangtua Berpengaruh Terhadap Perkembangan Anak Di Masa Depan

http://seputarpendidikaan.blogspot.com/2016/08/pola-asuh-orangtua-berpengaruh-terhadap.html

Seputar Pendidikan, Pola asuh orangtua terhadap perkembangan anak- Bagi para orang tua pasti sangat mengharapkan anak- anaknya untuk berprestasi, berhasil dan memiliki perilaku yang positif, sudah pasti setiap orang tua  akan selalu memberikan yang terbaik yang dapat di berikan kepada anaknya. 


Dalam memberikan pendidikan dirumah pada anak sebaiknya dapat dilakukan dengan tepat sesuai dengan kemauan dan juga kemampuannya agar anak -anak dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik tanpa adanya paksaan dai orang tuanya. 

Berikut ini ada beberapa cara yang perlu diketahui oleh para orang tua dalam mendidik anak - anaknya ; 

1. Semua anak adalah anak yang cerdas

Bagi setiap orangtua harus dapat menyakini bahwa semua anak adalah anak yang cerdas tanpa terkecuali, dalam mendidik anak orang tua harus jeli dalam mengenali potensi kecerdasan yang ada dalam diri anak sehingga dapat memberikan stimulus yang tepat.

Kemampuan dan juga bakat anak akan semakin berkemang dan teresklpor jika, para orang tua mengetahui sejak dini  potensi yang dimiliki oleh anak. Menurut psikolog, Howard Gardner dari universitas Harvard mengemukakan bahwa seharusnya setiap orangtua harus mengembangkan kecerdasan anak sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. 

2. Setiap anak memiliki cara untuk memproses informasi yang berbeda

Setiap anak akan memiliki cara yang berbeda dalam hal memproses informasi, maka bagi para orang tua sangat perlu untuk mengetahui gaya belajar anak nya dirumah dalam mendapatkan informasi karena masing masing setiap anak akan memiliki gaya belajar yang berbeda - beda. Yang pasti nya dalam hal ini anak tidak dapat di paksakan untuk belajar dengan suasana dan juga cara yang diinginkan oleh para orang tua.Jika anak dipaksa untuk menuruti kemauan belajar dari orang tuannya maka hasilnya akan sangat tidak baik bagi perkembangan anaknya.


3. Setiap Usaha anak patut untuk diapresiasikan 

Bagi para orang tua sangatlah perlu untuk selalu memberikan apresiasi terhadap hal sekecil apapun itu, walaupun usaha yang di buat oleh anak sekalipun menurut orang tua hasil nya kurang memuaskan, tetapi orang harus selalu memberikan semangat kepada anak agar dapat mau berusaha untuk lebih baik lagi. 

Apresiasi yang diberikan kepada anak tidak perlu berupa barang, dapat juga memberikan pujian, memeluk anak,dll bentuk apresiasi yang sederhana tersebut dapat mebuat anak merasa dihargai dan juga di perhatikan oleh para orangtua, hal demikian dapat menjaga kepercayaan diri anak  dan akan membuat anak ingin berusaha lebih baik lagi. 

4. Setiap anak adalah baik 

Dalam hal mendidik anak orang tua harus selalu berprasangka baik kepada anak dan orang tua harus selalu berkata positif kepada anak. maka dalam hal ini sangat di harap kepada orang tua untuk menghindari label negatif seperti , anak nakal, anak bodoh , anak pembangkang dll.


5. Setiap anak berhak untuk memilih 

Jangan membatasi apa yang harus di lakukan oleh anak , akan tetapi orang tua dapat memberikan arahan kepada anak. maka orang tua dapat memberikan pilihan yang dapat dilakukan oleh anak, bukan untuk mendikte anak apa yang harus dilakukan anak sesuai dengan keinginan orang tua.







Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar